Jalan-jalan ke Inggris

Awalnya kami berencana muluk mengelilingi Inggris Raya. Mulai dari London, Manchester, Liverpool, Edinburgh, Cambridge dan kembali ke London. Sempat membandingkan apakah sewa mobil atau naik kereta. Setelah dihitung dari sisi waktu dan ketebalan dompet, akhirnya rencana kami simpel saja. Ngelencer di London 5 hari saja deh…

Pertimbangan kami berikutnya adalah tentang si Sulung. Sebelum ke London kami masih harus disibukkan dengan urusan kepindahan si Sulung kembali ke Indonesia setelah setahun tinggal di Jerman sebagai exchange student. Barang-barangnya sudah beranak-pinak dan tidak mungkin dibawa jalan-jalan keliling UK.

Setelah sepakat hanya di London saja, maka saya mulai sibuk membuat itinerary. Tidak mudah membuat itinerary yang pas dan menarik untuk setiap anggota keluarga, karena minat kami memang tidak ada yang sama. Melihat kota tua eropa memang seru saat pertama kali, tapi kalau sudah yang kedua maka akan membosankan terutama buat anak-anak. Harus dicari serunya. Misalnya seperti saat kami keliling naik sepeda di Praha atau ikut wine tour di Budapest. Yang dinanti anak-anak dalam perjalanan ke London ini adalah ke Warner Bross Studio dan naik kapal pesiar. Lengkapnya perjalanan kami ke London sbb:

Advertisements