Jalan-jalan di Nusantara

Pariwisata Indonesia sebenarnya sangat kaya, terutama dari sisi keragaman budaya, etnik, lansekap, kuliner, dan wisata petualangan. Semuanya sudah tersedia oleh alam dan disajikan secara alami oleh masyarakatnya. Tinggal dibuka akses yang lebih lebar, ditata infrastukturnya dan disiapkan mental masyarakatnya lalu dipromosikan.

wonderful-indonesia

Saat kami berkeliling ke negara lain, semakin kami menyadari budaya negeri sendiri ternyata jauh lebih kaya. Kecintaan kami akan Indonesia tercetus dengan ucapan kecewa saat melihat wisata manca negara.  Misalnya, “jiaaah… patung kecil begini aja terkenal banget,” ucapan spontan saat melihat Manneken Pis di Belgia. Atau jadi terpekur sedih melihat istana dan bangunan kuno yang terawat rapi di Bangkok, karena Indonesia juga punya yang megah seperti itu, hanya tidak terawat dengan baik.

Satu lagi masalah besar wisata di Indonesia. Hal yang simpel dan harusnya mudah diatasi, tapi tak kunjung beres. KEBERSIHAN dan KETERTIBAN. Ambil contoh Coban Rondo di Malang. Air terjunnya memang indah, udaranya sejuk dan area sekelilingnya sudah ditata, tapi lihat sungainya yang bening. Sampah plastik nyangkut di sana-sini. Pedagang asongan dan pengemis tidak ditertibkan, mengganggu kenyamanan wisatawan. Hal yang sama terlihat di Kawah Putih Bandung dan hampir di semua wisata alam lainnya yang dipadati turis lokal.

Selain sampah, kebersihan toilet di tempat umum atau kebersihan makanan di tempat umum juga perlu diperhatikan. Bali yang memang tujuan wisata dunia, WC di beberapa pura terkenal aja masih bau pesing. Padahal bayar loh masuknya. Jangan kan toilet, beberapa rumah makan yang memang menjadi tujuan wisata kuliner, seringkali lantainya jorok dengan remah-remah makanan dan tissue bekas pakai.

Setahun terakhir ini wisata Indonesia mulai banyak dipromosikan. Utamanya memang ditujukan untuk wisatawan asing. Tapi efek dari medsos, media TV dan film, membuat wisatawan lokal pun ramai-ramai membanjiri area wisata. Bagus dong ….Ya betul bagus. Tapi justru wisatawan lokal ini lah yang masih suka buang sampah sembarangan. Padahal kebersihan itu masalah simpel loh …

Beberapa kunjungan saya ke wisata daerah akan saya tulis disini. Banyak kebanggan saya atas wisata lokal yang semakin berkembang, tapi juga tidak sedikit yang harus dibenahi. Inilah beberapa diantaranya.

(daftar kunjungan akan bertambah, seiring dengan perjalanan saya ke beberapa tempat)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s